Wednesday 29 April 2015

Manfaat Ciplukan

Tags

   

Tumbuhan Ciplukan Enak dan Lezat


       Tanaman ini banyak dicari dan ditemukan oleh anak-anak pedesaan pada saat musim panen palawija tiba. Begitu kacang tanah dipanen (dicabut) yang tinggal hanyalah rumput-rumput yang tumbuh di sela-sela kacang tanah, termasuk diantaranya pohon ciplukan. Tumbuhan ini tumbuh subur di datarn rendah sampai ketinggian sampai 1550 meter diatas permukaan laut.Ciplukan termasuk tumbuhan semak semusim.
        Ciplukan (Physalis minina) termasuk ke dalam famil tumbuhan Solanaceae. Sifat tumbuhan ini analgetik (penghilang rasa sakit), peluruh air seni (diuretic), menetralkan racun , meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan anti tumor. Tumbuhan ini mempunyai kandungan kimia berupa Chlorogenik acid, asam citrun, fisalin, flavonoid, saponin, polifenol. Buah mengandung asam malat, alkaloid, tannin, kriptoxantin, vitamin C dan gula. Biji mengandung elaidic acid.
        Dengan ramuan ciplukan, ternyata berbagai penyakit dapat disembuhkan, antara lain:

  • Hipertensi
          Sediakan 5 g brankas (herba kering) ciplukan dan masukkan ke dalam air 110ml. Rebus campuran tersebut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk selanjutnya saring dan biarkan sampai dingin . Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100ml. Sebagai perhatian, air rebusan yang sudah disimpan lebih dari 24 jam tidak boleh diminum karena sudah rusak.

  • Kencing Manis
          Ambil akar dari pohon ciplukan lalu bersihkan kemudian potong kira-kira 3-4cm lalu jemur , bungkus lagi supaya tidak lembab. Bila ingin digunakan sebagai obat , ambilah sekitar 9-15 g kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai tersisakan 1 gelas.Tunggu sampai dingin kemudian saring , diminum juga saat pagi hari. Ampasnya masih dapat direbus satu kali lagi untuk diminum saat sore hari.
  • Mengobati Sakit Paru-Paru
          Seperti cara pada nomer 2, hanya saja waktu direbus membutuhkan 3-5 gelas air bersih. Jika sudah mendidih lalu didinginkan dan disaring . Dengan diminum 3kali dalam sehari.
  • Sebagai Obat Penyakit Ayan
           Dengan memakan 8-10 buah ciplukan setiap harinya
Selain sebagai obat penyakit dalam, buah ciplukan ini juga dapat bermanfaat sebagai obat penyakit luar, seperti pada penyakit:
1. Penyakit Bisul : 1/2 genggam daun ciplukan . Dibersihkan kemudian giling halus . Oleskan pada bisulnya kemudian ditutup atau dibalut, ganti 2 kali dalam satu hari.
2. Penyakit Borok: 1/2 genggam daun ciplukan . Dibersihkan kemudian giling halus. Dan tambah dengan air kapu sirih secukupnya. Kemudian oleskan pada boroknya . Dengan diganti 2kali dalam satu hari.

   Itu sekian dan terimakasih -.-

Cara Belanja Di RAGAM ARTIKEL

Silahkan pesan item ini dengan menghubungi Contact Toko yang tertera di sidebar kanan (untuk device mobile ada di bagian bawah), harap disertakan Kode Item atau Nama Item ketika order barang. Barang dikirimkan sehari setelah transaksi selesai. Atau silahkan pesan langsung via tombol Whatapps dan SMS di bawah ini. Admin toko akan langsung merespond pesanan Anda.

Pesan Sekarang SMS Sekarang


EmoticonEmoticon