Friday 22 May 2015

Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Tags


        


      Jeruk nipis atau yang memiliki nama latin citrus aurantifolia(christm) suringle atau yang kerap disebut jeruk limau ini ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak loh bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dan buahnya yang tidak terlalu besar. Buah ini mengandung vitamin c paling tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang lain. Jeruk nipis juga memiliki kandungan lainnya seperti karbohidrat, lemak, protein, serat pangan, kalsium, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5 dan juga mineral. Bagian jeruk nipis yang digunakan kali ini adalah buahnya.
Berikut ini khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh anda:

  •  Mengobati batuk
Siapkan jeruk satu buah jeruk nipis lalu diperas, siapkan juga kecap atau madu sebanyak dengan perasan jeruk nipis, keduanya itu dicampur rata, diminum sehari 2x waktu pagi dan sore, pada setiap kali minum cukup minum 1 ramuan saja.

  • Demam
Petik 5 helai daun jeruk nipis segar, juga 3 helai daun sembung segar, 5 helai prasman segar, 115ml air bersih, kemudian semua bahan itu diseduh atau dipipis. Minumlah ramuan tersebut 100ml per hari apabila ramuan ini dipipis minumlah 1/4 cangkir sehari sekali. Dapat diulang selama 4hari.

  • Nyeri tenggorokan
Sediakan 1 iris jeruk nipis sediakan juga sedikit kapur sirih. Dengan cara jeruk nipis tersebut dioles dengan kapur sirih kemudian dipanaskan diatas api yang kecil lalu peras. Diminum 2xhari , dapat dilakukan selama 3 hari

  • Nyeri haid
Siapkan 1 buah jeruk nipis, 2jari kapur sirih, dan minyak kayu putih secukupnya. Peras jeruk nipis tersebut kemudian tambahkan kapur sirih dan minyak kayu putih lalu diaduk sampai tercampur dan setelah itu oleskan pada perut .

  • Meluruhkan asam urat
Setiap pagi dan sore hari minumlah segelas air perasan jeruk nipis dapat juga meminum jus jeruk nipis dikarenakan jeruk nipis mempunyai kandungan asam sitrat yang dapat meluruhkan asam urat.

  • Mengobati masalah lambung seperti sakit maag 
Dengan mengonsumsi jeruk nipis ini atau jeruk limau dapat sebagai obat komplementer maag yang ternyata banyak membuktikan hasil yang baik. di bawah ini tahap-tahap untuk membuat ramuan ini:
 -Siapkan sebutir jeruk limau atau jeruk nipis
 -Peras jeruk tersebut dan beri sedikit air putih pada perasan jeruk tersebut
 -Ramuan ini dapat diminum sebelum makan
 -Setelah beberapa menit setelah anda meminum ramuan ini, anda dianjurkan untuk makan

  • Untuk mengobati sakit gigi
Untuk mengobati sakit gigi dengan jeruk nipis ini. anda cukup siapkan akar kecubung hitam dan legetan warak lalu digiling bersamaan sampai menjadi satu sendok makan, setelah itu campurkan dengan perasan jeruk nipis tambahkan juga 3/4 larutan garam ke dalam campuran tersebut aduk hingga tercampur. Gunakan ramuan ini dengan dibuat berkumur, dapat dilakukan 4-6 perhari.

  • Menurunkan berat badan 
Ternyata jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk diet loh, cukup dengan meminum air jeruk nipis hangat setiap pagi hari . Karna jeruk nipis mempunyai kandungan serat pangan yang dapat membantu diet anda.

  • Jeruk nipis untuk mencegah kanker
Buah jeruk nipis mampu menurunkan risiko sebagian jenis kanker, seperti leukemia , usus besar, dan lambung. Jeruk nipis mempunyai kandungan limuinoid yang berfungsi menangkal radikal bebas di dalan tubuh anda.

  • Membantu mengatasi kebiasaan merokok
Isap seiris demi seiris jeruk  nipis, kemudian minum air putih. Lakukan ini secara berkala. Sampai anda sadar bahwa menghisap rokok setiap hari itu tidak baik.

  • Merelaksasi otot yang tegang
Dengan cara mengiris jeruk nipis tipis-tipis , setelah itu irisan-irisa itu diperas , dan tambahkan sedikit air putih ke dalam air perasan tersebut . Lalu air perasan tersebut digosok-gosokkan pada bagian tubuh yang ototnya tegang atau pegal.

Dibawah ini manfaat jeruk nipis bagi kesehatan wajah anda;

  • Mengurangi jumlah jerawat dan menghilangkan bekasnya
Jika anda tetap ingin memiliki wajah bersih tanpa jerawat anda dapat menerapkannya dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dengan cara mengoleskan air perasan jeruk nipis dengan menggunakan cotton bud diatas jerawat tersebut lalu diamkan selama 30 menit sampai mengering kemudian bilas. Atau dapat juga dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan madu.

  • Membuat kulit tampak awet muda
Usapkan air perasan jeruk nipis pada wajah. Tetapi anda juga harus mengimbanginya dengan meminum air putih setiap hari minimal 8x sehari.

Itulah beberapa khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh anda dan wajah anda. terimakasih sudah membaca artikel saya.











   

Cara Belanja Di RAGAM ARTIKEL

Silahkan pesan item ini dengan menghubungi Contact Toko yang tertera di sidebar kanan (untuk device mobile ada di bagian bawah), harap disertakan Kode Item atau Nama Item ketika order barang. Barang dikirimkan sehari setelah transaksi selesai. Atau silahkan pesan langsung via tombol Whatapps dan SMS di bawah ini. Admin toko akan langsung merespond pesanan Anda.

Pesan Sekarang SMS Sekarang


EmoticonEmoticon